World Supersport 300

Imanuel Pratna Nyaris Finis di Zona Poin

Ahmad Garuda    •    Senin, 14 May 2018 07:45 WIB
balap motorpembalap nasionalimanuel pratna
Imanuel Pratna Nyaris Finis di Zona Poin
Imanuel Putra Pratna nyaris finis di zona poin. Terra e Moto (GorinisPhoto)

Imola: Pembalap kebanggaan Indonesia di ajang balap dunia yaitu Imanuel Putra Pratna, buktikan janjinya untuk tampil lebih agresif di World Supersport 300 (WSSP300) Imola, Italia. Balapan yang berlangsung pada Minggu (13/5/2018) itu, sekaligus menjadi harapannya untuk tampil makin baik seiring perjalanan musim 2018.

Dalam menjalani balapan sebanyak 12 lap, Ia akhirnya mampu finis di urutan 17 dari grid posisi start 25. Padahal potensi finis di posisi 15 atau zona poin sangat besar karena sebelumnya Ia juga menempati posisi 16. Namun, dari pengakuan Elpratna di website resminya (Elpratna.com), Ia merasa terhalangi oleh para pembalap Kawasaki dan Honda yang berada di baris pertengahan.

"Mereka itu sangat kencang di trek lurus dan zona akselerasi. Tapi di tipe tikungan high speed, mereka sangat lamban. Hal ini pula yang menyebabkan saya terpisah dari rombongan yang ada di depan," klaim Elpratna.

Ia sedari awal bisa tampil konsisten dengan peningkatan signifikan, menganggap bahwa hasil ini memang belum sesuai dengan harapannya. Mengingat Ia punya target untuk bisa konsisten meraih poin di setiap seri.

"Semoga di seri Inggris nanti kami bisa tampil lebih baik dan meraih posisi terbaik saat balapan. Jujur saja, harapanku finis di zona poin balapan ini sangat besar, tapi ya kondisinya memang tak memungkinkan."

Tentang target besar Elpratna di Donington, mungkin bisa kita bilang bakal terpenuhi. Sirkuit ini memiliki beberapa tikungan panjang dan ini sesuai dengan karakter balap dan spek teknis motornya. Tapi kembali lagi, Ia harus cepat beradaptasi. Mengingat karakter sirkuit ini juga tidak mudah. Banyak tikungan teknikal dan membuat pembalap harus menjaga kepresisian jalur balapnya.


(UDA)