Industri Otomotif

Penjualan Yamaha Nmax dan Honda PCX

Ekawan Raharja    •    Senin, 11 Dec 2017 14:06 WIB
industri otomotif
Penjualan Yamaha Nmax dan Honda PCX
Melihat perbandingan penjualan PCX dan Nmax di sepanjang 2017. MTVN/Ekawan

Jakarta: Persaingan skuter premium (skutik) Jepang, Yamaha Nmax dan Honda PCX, memang cukup sengit. Meski keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, tetapi masyarakat awam menilai keduanya merupakan sepeda motor yang sekelas.

Untuk urusan jualan, Honda harus mengakui performa Yamaha. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Nmax bisa dibilang lebih laku dipasaran ketimbang PCX.

Data AISI per Oktober 2017, Geng Pulogadung ini sudah menjual sebanyak 289.218 unit. Jika di rata-rata per bulan, Yamaha bisa menjual skutik premiumnya itu sekitar 28,9 ribu unit.

Yamaha sudah melakukan penyegaran terhadap Nmax. medcom.id/Ahmad Garuda

Membandingkannya dengan PCX, geng Sunter hanya bisa memasarkan sebanyak 4.844 unit. Jikalau di rata-rata penjualan per bulannya, PCX laku dikisaran 484 unit.

Tentu banyak faktor yang membuat Nmax sukses menekuk penjualan PCX di Indonesia. Salah satunya adalah soal harga Nmax yang lebih miring dari pada harga jual PCX.

Saat ini Harga PCX di jual dengan harga Rp40,525 juta. Sedangkan New Nmax yang baru saja diluncurkan akhir pekan lalu dibanderol dengan harga Rp26,3 juta untuk versi standar dan Rp30,2 untuk versi ABS.

Tentu saja Honda tidak tinggal diam melihat kompetitornya melenggang mulus. Bahkan beredar kabar Honda sudah mempersiapkan PCX baru dalam waktu dekat. Kira-kira akankah pasar skutik premium Jepang berubah?


(UDA)