Motor Baru

Edisi Terakhir Ducati 1299 Panigale R, Mengaspal

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 09 Jul 2017 10:38 WIB
ducati
Edisi Terakhir Ducati 1299 Panigale R, Mengaspal
Dengan tiga warna khusus motor ini akan jadi edisi terakhir 1299 Panigale R. Asphalt and Rubber

Metrotvnews.com: Kabar mengenai kehadiran generasi terbaru superbike Ducati bermesin empat silinder memaksa versi terkini superbike mereka yakni 1299 Panigale R harus discontinued. Ducati pun menghadirkan edisi terakhir untuk motor tersebut.

Motor itu bernama 1299 Panigale R Final Edition, yang bertenaga 209 daya kuda. Motor ini menggunakan mesin yang sama dengan 1299 Superleggera, dilengkapi boring piston alumunium.

Mesin berkapasitas murni 1.285cc V-twin ini dilengkapi dengan crankshaft ringan, dengan connecting rods dan klep intake/exhaust terbuat dari titanium. Pistonnya berukuran 116 mm, dengan dua ring piston saja.

Ducati membuat motor ini istimewa dengan penggunaan material eksotis, meski tak seringan 1299 Superleggera yang menggunakan material karbon, termasuk sasis. Final Edition ini hanya lebih ringan 600 gram  dari 1299 Panigale S.

Menariknya Ducati bakal memberikan nomor produksi pada mesin seolah-olah ini edisi terbatas. Kemudian akan ada cetakan laser di segitiga atas yang menandakan motor ini edisi spesial, meski tak disebutkan akan ada berapa unit edisi akhir ini.

Pembeda terakhir adalah tampilan 1299 Panigale R Final Edition ini mengusung livery tricolore alias tiga warna. Motor ini pun akan muncul di seri World Superbike di Laguna Seca, Amerka Serikat mendatang, dan pembalap mereka bakal menggunakan livery yang sama di sana.


(UDA)