Industri Otomotif

Sepeda Motor Tak akan Mati Hingga 20 Tahun Mendatang

Ekawan Raharja    •    Kamis, 03 Nov 2016 10:09 WIB
industri otomotif
<i>Sepeda Motor Tak akan Mati Hingga 20 Tahun Mendatang</i>
AISI yakin industri sepeda motor akan terus tumbuh. Doc MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Sepeda motor sudah menjadi salah satu alat transportasi penting di Indonesia. Saking penting, sepeda motor bakal terus ada di negeri ini hingga 20 tahun mendatang. 

"Pasar memang melemah pada saat ini. Tapi kami yakin pasar akan tetap tumbuh. Bahkan sepeda motor tetap menjadi alat transportasi masyarakat pada 10-20 tahun mendatang," ujar Ketua Umum Asosisasi Industri Sepeda Motor Indonesia, Gunadi Sindhuwinata, saat pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Pasar domestik di Indonesia ditargetkan berhasil menjual enam juta unit hingga akhir 2016. Jumlah itu tidak seberapa. Pasalnya pasar domestik di Indonesia pernah mencapai tujuh juta unit per tahun beberapa tahun lalu.

Pertumbuhan pasar juga bisa dilihat di sektor ekspor. Di sektor ini performa pada hingga September 2016 sudah menyentuh angka 211.341 unit. "Peningkatan ekspor mencapai 800 persen 2014 hingga September 2016. padahal pemerintah mencanangkan peningkatan 300 persen pada 2020," tambah Gunadi.

Ekspor yang meningkat di Indonesia tak terlepas dari kualitas sepeda motor produksi lokal yang dapat bersaing. Bahkan sepeda motor asal Indonesia sudah bisa menembus negara-negara dengan standar emisi yang tinggi seperti Jerman, Belanda, Russia, dan banyak negara lainnya.

Gunadi juga berharap pasar segera membaik dan penjualan sepeda motor di Indonesia bisa mencapai 10 juta unit per tahun. "Sehingga jika angka tersebut terpenuhi, skala ekonomi akan terpenuhi dan industri sepeda motor akan semakin berkembang," tutupnya.


(HIL)