Tokyo Motor Show 2017

Sosok Honda PCX Baru Ada Opsi Mesin Hybrid dan Listrik

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 26 Oct 2017 11:53 WIB
honda motor
Sosok Honda PCX Baru Ada Opsi Mesin Hybrid dan Listrik
Honda PCX desain baru, akankah masuk Indonesia? Young Machine

Metrotvnews.com: Gosip Honda PCX akan tampil dengan desain baru akhirnya benar-benar terbukti. Tak hanya desain, mesin yang diusungnya pun jauh lebih canggih, lantaran mengusung dua opsi teknologi yakni hybrid dan listrik.

Untuk versi hybrid, motor ini disebut mengusung teknologi mild hybrid. Teknologi ini mengadopsi baterai lithium ion dengan output besar, yang mampu membantu start dan akselerasi, mild hybrid ini terhubung dengan ACG.

Dengan memanfaatkan ACG Starter, sistem hybrid ini tak mengubah struktur bodi mesin. Sistem hybrid ini akan bekerja membantu mesin motor untuk kecepatan kurang dari 70 kilometer per jam. Karakteristik yang ingin dituju adalah penghematan bahan bakar.

Sedangkan untuk PCX bertenaga listrik, punya motor listrik bertenaga 0,98 kW atau hanya 1,3 daya kuda saja. Motor listrik terpasang pada pulley, dan menggerakkan roda belakang menggunakan gear.

Baterainya sendiri berjenis lithium ion 48 volt, dengan tipe cartridge. Jadi pengguna lebih mudah memasang dan melepas baterainya. Sayang Honda tak menyebut kemampuan jelajahnya, berapa lama waktu pengisian baterai dan kenapa tenaganya kecil sekali.

Tak hanya usung teknologi mesin baru, model ini juga mendapatkan perubahan desain. Dari samping garis desainnya tak banyak berubah, namun secara keseluruhan desainnya membuat skuter ini lebih futuristik.


(UDA)