Penjualan Motor Nasional

Penjualan Skutik Nasional Melonjak, All New BeAT eSP Dominan

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 15 Sep 2016 08:24 WIB
honda motor
Penjualan Skutik Nasional Melonjak, All New BeAT eSP Dominan
Konsumen tengah dilayani pramuniaga melihat All New BeAT eSP. AHM

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergeseran pasar dari segmen moped (bebek) ke skutik sudah berlangsung cukup lama. Segmen motor tanpa gigi ini semakin merajai penjualan sepeda motor nasional yang sepanjang tahun ini tercatat mencapai 527.536 unit, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Dari angka tersebut, sebanyak 433.200 unit adalah penjualan segmen skutik. All New BeAT eSP yang baru dirilis beberapa waktu lalu berkontribusi besar melonjakkan pasar skutik nasional dengan penjualan pada Agustus yang mencapai 157.462 unit.

Padahal pada bulan sebelumnya penjualan skutik entry level ini hanya 43.495 unit saja. "Ini menunjukkan skutik ini jadi moda transportasi pilihan konsumen di kelasnya," papar GM Sales Division PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya.

Skutik ini hadir dengan desain yang lebih fresh dan baru, sejumlah fitur anyar seperti ban tubeless, desain pelek baru pun disematkan. Peluncurannya dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada pertengahan Agustus lalu.

Di pasaran, All New BeAT eSP bersaing dengan Yamaha Mio M3 yang juga bermain di segmen entry level skutik. Kedua skutik ini punya varian lain yakni BeAT Pop eSP dan Mio Z.


(UDA)