Pasar Motor Nasional

PCX 150 Makin Tak Berkutik Lawan NMAX

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 15 Sep 2016 12:00 WIB
penjualan motor
PCX 150 Makin Tak Berkutik Lawan NMAX
NMAX unggul jauh dari PCX 150 soal penjualan. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasar skutik entry level sudah sejak beberapa tahun lalu direbut oleh Honda lewat BeAT Series. Penjualan Mio Series yang sempat merajai dan membuat segmen skutik bergairah pun semakin mengecil seiring waktu.

Tapi pabrikan berlogo garputala boleh berbangga soal urusan skutik premium. Produk NMAX mereka terjual 24.236 unit sepanjang Agustus lalu, pencapaian ini melonjak hingga 54 persen dibanding bulan sebelumnya.

Bandingkan dengan pencapaian Honda PCX 150, yang pada Agustus hanya terserap sebanyak 350 unit. Angka ini berdasarkan laporan dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI).

Persoalan harga menjadi kendala PCX 150 melawan NMAX. Pabrikan sayap mengepak tersebut membanderolnya dengan nominal Rp39,8 juta (OTR Jakarta), sedangkan NMAX di angka Rp24,55 juta (non ABS) dan Rp28,45 juta (ABS).

PCX yang didatangkan dari Vietnam secara CBU tersebut hadir dengan desain elegan. Sedangkan kompetitornya yang merupakan racikan lokal, kental desain sporty.

Honda sempat digosipkan oleh blogger otomotif bakal merilis Forza 150 untuk melawan NMAX. Namun hingga saat ini, kabar itu hanyalah gosip belaka karena belum ada tanda-tanda Honda bakal merilis skutik yang dimaksud.

Sementara brand lain, juga seolah tak berdaya menghadapi persaingan di segmen ini. Mengingat dari sisi harga mereka akan kalah telak, jika memasukkan produk serupa. Sehingga pilihan terbesar bakal kembali ke APM dengan unit yang paling banyak digunakan.


(UDA)