UK Motorcycle Live Show

Ice Bike, Macan Salju ala Triumph

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 25 Nov 2016 14:13 WIB
triumph
Ice Bike, Macan Salju ala Triumph
Papan ski pengganti ban depan dan ban belakang dengan paku untuk jalan salju. MCN

Metrotvnews.com: Kendaraan khusus untuk di kawasan salju sudah banyak pada saat ini. Publik mengenalnya dengan sebutan snowmobile. Sebuah mobil dengan roda penggerak layaknya tank yang muncul di negara-negara bermusim salju.

Namun, sepeda motor yang khusus digunakan untuk medan bersalju tidak banyak. Triumph merupakan yang pertama kali membuatnya. Merek asal Inggris ini merilis motor untuk medan bersalju, yakni Tiger 800 Ice Bike dalam pameran UK Motorcycle Live Show, 19-27 November 2016.

Motor yang sejatinya sebagai adventure bike ini dirancang ulang agar mampu melibas medan bersalju dan es. Berbasis Triumph Tiger 800 XCx, motor ini tak lagi menggunakan roda depan. Sebagai gantinya menggunakan papan ski.

Suspensi depan juga berganti. Kini, model monosok namun tetap dengan tabung suspensi yang digunakan sebagai dudukan monosok. Sedangkan ban belakang menggunakan model berpaku untuk mendapatkan grip di es.

Bagian setang kemudi sudah dilengkapi dengan alat pengukur suhu udara. Selain itu, ada pula dudukan navigasi satelit, pelindung lampu, posisi knalpot yang pindah, dan sejumlah lampu tambahan di sisi lampu utama dan kolong sepakbor depan.


(HIL)