Motor Baru

Superbike Ducati Bermesin V4 Muncul Akhir Tahun Ini

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 30 Jun 2017 11:17 WIB
ducati
Superbike Ducati Bermesin V4 Muncul Akhir Tahun Ini
Diturunkan dari teknologi MotoGP Ducati untuk konsumen reguler. MCN

Metrotvnews.com: Ducati dikenal dengan mesin berkonfigurasi L-twin, namun mesin ini justru tak digunakan di tunggangan MotoGP mereka. Pada ajang balap motor prototipe tersebut, pabrikan Italia ini mengusung mesin berkonfigurasi V4.

Melihat kesuksesan mesin ini yang mulai mampu bersaing dengan pabrikan lain peserta MotoGP, Ducati pun mengaplikasikan mesin tersebut di motor superbike mereka. Motor ini kelak bisa digunakan di jalan umum.

Rumor yang sudah berkembang cukup lama ini akhirnya mulai menemukan titik terang. Sosok motor superbike dimaksud, tertangkap kamera di sebuah area khusus.

"Saya mengkonfirmasi Duacti sedang bekerja untuk menghasilkan mesin empat silinder sebagai motor jalanan," kata CEO Ducati, Claudio Domenicali beberapa waktu lalu, seperti dituliskan MCN.

Domenicali menambahkan mesin MotoGP mereka sangat ringan, kuat dan punya banyak teknologi menarik. "Kami berpikir untuk membuat konsumen reguler bisa membeli mesin ini, karena ini adalah maha karya," ujarnya.

Mengenai kemungkinan motor bermesin V4 ini digunakan untuk balapan World Superbike, petinggi Ducati di ajang balap tersebut, Paolo Ciabatti mengatakan musim 2017 dan 2018 mereka tetap akan menggunakan Panigale.

Diyakini motor ini akan melakukan debut pertamanya November mendatang di gelaran Milan Motor Show. Kemungkinan akan hadir dua versi mesin, V4 1.000 cc dan V4 1.200 cc.


(UDA)