Motor Baru

Pakai Injeksi dan Pendingin Udara Kelebihan All New CRF150L

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 10 Nov 2017 08:58 WIB
honda motor
Pakai Injeksi dan Pendingin Udara Kelebihan All New CRF150L
Honda All New CRF150L usung injeksi dengan pendingin udara. MTVN/ A. Harry Budiawan

Serpong: Motor trail Honda All New CRF150L resmi dikenalkan hari ini di kawasan Serpong, Tangerang. PT Astra Honda Motor (AHM) menyebutkan motor ini lebih value for money, mengingat harga jualnya yang Rp31,8 juta untuk wilayah Jakarta.

Salah satu pembeda dibanding Kawasaki KLX150 adalah pasokan bahan bakarnya yang sudah menganut sistem injeksi khas Honda yakni PGM-FI. Sedangkan KLX150 masih mengusung karburator yang disebut lebih mudah diperbaiki.

"Karburator lebih rentan dipengaruhi oleh udara bertekanan tinggi seperti gunung dan bukit, karburator lebih sensitif dengan perubahan suhu ini, karena itulah kami pilih injeksi dengan semburan bahan bakar lebih sempurna," kata Large Project Leader CRF150L, Honda R&D, Akihiro Momiyama.

Kemudian untuk pendingin udara dan mesin DOHC tak disematkan karena dianggap menyulitkan saat perawatan. Honda mengaku mencari titik terbaik dan disesuaikan dengan kondisi dilapangan.

"Kami sempat mempertimbangkan mesin dari CB150R, motor ini pasti akan lebih bertenaga. Tapi kami pertimbangkan baik buruknya, jadi kami berkan keseimbangan yang baik pada motor ini," kata Toshiyuki Inuma, President Director AHM.

Kemudian faktor lain kenapa Honda menggunakan mesin ini adalah pertimbangan harga. All New CRF150L mengusung mesin 150cc, SOHC, PGM-FI dengan tenaga 12,7 daya kuda dan torsi 12,43 Nm.


(UDA)