Kostum Bunga Matahari Katy Perry Tuai Kontroversi di Tiongkok

Agustinus Shindu Alpito    •    Jumat, 01 May 2015 11:46 WIB
katy perry
Kostum Bunga Matahari Katy Perry Tuai Kontroversi di Tiongkok
Foto: Katy Perry saat konser di Taiwan / Feature China

Metrotvnews.com, Taipei: Katy Perry kembali jadi sorotan, kali ini karena aksinya mengenakan kostum bunga matahari dalam konsernya di Taipei, Taiwan. Kontroversi akan kostum itu datang dari Tiongkok, Katy dianggap mengenakan simbol pro-Taiwan.

Pada tahun lalu, sekelompok pelajar Taiwan menduduki parlemen selama 23 hari sebagai bentuk protes perjanjian dagang lintas selat antara Taiwan dan Tiongkok daratan. Para pelajar yang menggunakan bunga matahari sebagai simbol perlawanan, merasa kebijakan itu memberi Tiongkok kekuatan lebih di bidang ekonomi dan politik.

Seperti diketahui, hubungan kedua negara itu sangat kompleks. Termasuk soal klaim teritori wilayah yang berpengaruh pada kedaulatan masing-masing negara.

Jika penampilan Katy Perry dengan kostum bunga matahari jadi kontroversi di Tiongkok, hal sebaliknya terjadi di Taiwan. Para penggemar justru merasa tersanjung atas sikap Katy yang mau mengenakan simbol perlawanan mereka.

Katy sendiri sebenarnya belum memberi penjelasan tentang maksudnya mengenakan kostum itu.

Peristiwa ini bisa saja jadi batu sandungan bagi Katy mengingat Tiongkok sebagai pasar besar dari penjualan albumnya, termasuk konser.


(AWP)