Cara Masak Makanan untuk Jaga Kesehatan Jantung

Torie Natalova    •    Sabtu, 02 May 2015 14:48 WIB
masakjantung sehat
Cara Masak Makanan untuk Jaga Kesehatan Jantung
air jeruk lemon. (Foto:simplyscratch.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak selamanya menyantap makanan yang baik bagi  kesehatan jantung adalah sebuah penyiksaan. Beberapa selebriti chef  Amerika menemukan cara menurunkan lemak, kolesterol dan garam tanpa  mengurangi rasa pada makanan.

Berikut adalah tips dari para selebriti chef untuk tetap bisa diet dengan menjaga kesehatan jantung anda seperti dilansir dari health.com.

1. Ganti sour cream dengan yogurt tanpa lemak

Ada sebuah cara untuk tetap mendapatkan yogurt dengan tekstur seperti sour cream. Yakni dengan menyaring yogurt memakai kain atau kertas handuk setidaknya 30 menit. Itu bisa menghilangkan sebagian air, memberikan rasa yang kaya, dan tekstur yang lembut seperti sour cream.

2. Ganti mentega dengan minyak canola

Minyak canola kaya dengan dengan lemak tak jenuh tunggal. Minyak ini juga bisa digunakan dalam pembuatan brownies yang sebagian besarnya menggunakan mentega.

3. Perbanyak makanan yang mengandung kedelai.

Makanan dari kacang kedelai memiliki banyak protein tanpa khawatir dengan timbunan lemak. Seperti edamame juga tofu yang bisa ditambahkan ke produk-produk olahan.

4. Ganti gorengan dengan buah

Cobalah mengganti kebiasaan mengemil gorengan dengan buah-buahan. Buah-buahan yang dikonsumsi selain mempersehat jantung juga kaya akan vitamin C.

5. Gunakan perasan air lemon untuk menambah rasa

Air perasan kemon adalah bahan yang paling penting di dapur. Air lemon bebas lemak dan mampu mengurangi lemak di tubuh anda serta jika ditambah sedikit garam bisa membuat citarasa makanan semakin lezat.

6. Perbanyak kacang-kacangan

Kacang kaya akan lemak tak jenuh ganda sehingga baik bagi kesehatan jantung. Kacang kenari sangat kaya dengan omega 3. Bagi perempuan dewasa, disarankan mengonsumsi 1,1 gram omega 3 setiap hari.


(LOV)