Nepal: Kecil Kemungkinan Temukan Warga Selamat Akibat Gempa

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 02 May 2015 15:51 WIB
gempa nepal
Nepal: Kecil Kemungkinan Temukan Warga Selamat Akibat Gempa
Prajurit Nepal bersihkan puing usai gempa (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kathmandu: Pemerintah Nepal mementahkan kemungkinan akan ditemukannya warga yang selamat dari gempa. Sementara korban tewas saat ini sudah mencapai 6.621 jiwa.
 
"Kami berupaya keras untuk melakukan penyelamat. Tetapi kini saya pikir sudah tidak mungkin menemukan warga yang selamat di bawah reruntuhan bangunan," ujar Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Nepal Laxmi Prasad Dhakal, seperti dikutip AFP, Sabtu (2/5/2015).
 
Sebelumnya disebutkan pula bahwa korban terluka akibat berkekuatan 7,9 skala richter (SR) tersebut mencapai 14.021 orang. Sementara nasib warga di pedalaman masih belum diketahui.
 
Jumlah korban tewas dikhawatirkan bisa melonjak tajam mengingat proses pencarian masih berlangsung. Pencarian saat ini masih dipusata di Dhading, Rasuwa dan Sindhupalchok.
 
Di Kathmandu, banyak dari korban yang tidak diketahui identitasnya dikremasi untuk mencegah timbulnya penyakit. Sementara pihak berwenang mengatakan, kemungkinan besar korban tewas yang tidak diketahui identitasnya bisa saja para pekerja dari India. 
 
Warga Eropa juga menjadi salah dari banyak negara yang menjadi korban gempa ini. Sekitara 1.000 warga Eropa masih dilaporkan hilang, dan mereka umumnya melakukan pendakian gunung di Nepal.
 
Hingga saat ini diketahui ada 97 WNI yang berada di Nepal saat gempa melanda Minggu (26/4/2015) lalu. 31 WNI diketahui menetap di Nepal dan 29 dari mereka dapat dihubungi dan dalam keadaan baik. Sementara dua dari WNI yang menetap itu masih belum bisa dihubungi.
 
Sementara jumlah WNI yang berkunjung diketahui mencapai 66 orang. 31 Di antaranya berhasil dihubungi dan dalam keadaan baik, sementara delapan lainnya masih belum bisa dihubungi. 27 WNI lainnya saat ini berada di luar Nepal.



(FJR)