Sperma Picu Penyakit Endometriosis?

Torie Natalova    •    Sabtu, 02 May 2015 16:21 WIB
kesehatan
Sperma Picu Penyakit Endometriosis?
Ilustrasi. (Foto:pregnantweek.info)

Metrotvnews.com, Jakarta: Peneliti dari Universitas Robinson Research Institute Adelaide, Dr Jonathan McGuane untuk pertama kalinya menemukan hubungan antara kontak dengan cairan mani atau sperma dan perkembangan endometriosis.

"Dalam studi laboratorium, penelitian kami menemukan bahwa air mani meningkatkan kelangsungan hidup dan pertumbuhan luka endometriosis," kata Dr McGuane seperti dilansir Sciencedaily.com, Sabtu (2/5/2015).

Universitas Robinson Research Institute mengatakan, banyak yang masih belum mengetahui penyebab serta bagaimana pencegahan dan mengobati secara efektif penyakit endometriosis yang sebagian besar dialami oleh wanita itu. Namun kini, dapat diketahui apa yang mampu memperburuk endometriosis.

Endometriosis adalah ketika jaringan yang biasanya tumbuh dalam rahim perempuan, tumbuh di luar rahim dan mempengaruhi satu dari 10 wanita usia reproduksi. Gejala dari penyakit ini bervariasi seperti nyeri perut saat menstruasi, nyeri pada panggul dan bisa menyulitkan wanita untuk hamil.

"Ini merupakan temuan penting dan meningkatkan kemungkinan bahwa paparan dari endometrium (lapisan dalam rahim) ke cairan mani dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit pada wanita," paparnya.

Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengungkap apa hubungan antara aktivitas seksual dan endometriosis.

"Sekarang kamu perlu terapkan temuan laboratorium ini dalam kehidupan nyata apakah paparan air mani yang alami selama berhubungan dapat meningkatkan risiko endometriosis," terangnya.


(LOV)