Apakah Air Lemon Sungguh Menurunkan Berat Badan?

Rosa Anggreati    •    Senin, 04 May 2015 12:29 WIB
kesehatan
Apakah Air Lemon Sungguh Menurunkan Berat Badan?
Air lemon tidak benar-benar menurunkan berat badan (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sudah sering kita dengar, minum air lemon hangat di pagi hari disebut-sebut dapat membantu menurunkan berat badan.

Bahkan, selebritas seperti Gwyneth Paltrow dan Dina Manzo rutin minum air panas dicampur lemon. Mereka yakin itu membantu dalam penurunan berat badan.

Apakah air lemon benar-benar membantu menurunkan berat badan?

"Air panas dengan lemon sejatinya tidak menyebabkan penurunan berat badan," jelas Alissa Rumsey, RD, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet. Namun, jika diminum sebagai ganti minuman tinggi kalori seperti kopi dengan gula atau jus buah, maka air lemon hangat dapat membantu menurunkan berat badan.

Minum air, panas atau dingin, dengan perasan lemon, akan membantu menjaga metabolisme Anda.

"Tetap terhidrasi merupakan komponen penting dari diet yang sehat karena meningkatkan metabolisme Anda. Bagi mereka yang tidak menikmati air putih, tambahkan beberapa irisan lemon adalah cara yang bagus untuk meningkatkan rasa tanpa menambahkan kalori," papar Rumsey.

Dalam jangka pendek, minum air lemon juga dapat berfungsi sebagai diuretik alami dan mengurangi kembung ringan.

"Anda tidak disarankan minum air dengan lemon jika Anda mengalami mulas atau refluks asam. Air jeruk atau lemon akan memperburuk gejala tersebut," saran Rumsey yang dilansir Women's Health Mag.


(ROS)