Corvette Generasi Anyar Berusaha Memikat Kaum Muda

   •    Minggu, 13 Jan 2013 10:00 WIB
Corvette Generasi Anyar Berusaha Memikat Kaum Muda

maxmotors.com

Metrotvnews.com, Detroit: Meskipun memulai kiprahnya sebagai mobil idaman anak muda Amerika sepanjang 60 tahun sejarahnya, pamor Chevrolet Corvette terus meredup di belakang para pesaingnya.

Eksekutif General Motor (GM) setuju dengan analisa Jessica Caldwell dari Edmunds yang mengatakan bahwa Corvette saat ini dianggap sebagai mobil orang tua. Data menunjukkan bahwa hingga Oktober tahun lalu, sekitar 46% pembeli Corvette berusia 55 tahun, sementara pembeli di usia itu untuk Audi R8 hanya 22% dan Porsche 911 hanya 30%.

Generasi keujuh dari supercar pertama Amerika yang akan diluncurkan di North America Auto Show (NAIAS) 2013, mendapatkan tugas untuk mengubah citra lama dengan berbagai pembaruan desain, penyempurnaan drastis di sektor interior dan mesin V8 baru 6.2 liter bertenaga 450 hp yang menjadikannya sebagai Corvette standar tercepat. 

"Mobil ini seperti Corvette yang telah pergi ke gym dan kembali fit. Saya ingin gambarnya terpampang di setiap dinding anak-anak," ujar kepala desain GM, Ed Welburn sambil memperlihatkan sebuah poster Corvette baru bersama Corvette 1959 dan Stingray 1963 di kantornya, seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg.

Setelah bangkrut pada 2009 dan merestrukturisasi perusahaan, GM seringkali menempatkan Corvette di belakang garis.

Chris Perry, selaku pimpinan pemasaran Chevrolet di Amerika Serikat menyatakan pihaknya belum sempat mengurus citra kendaraan tersebut. Ia merasa GM "tidak benar-benar perlu untuk mempromosikan Corvette. Masih banyak orang yang ingin membelinya."

Dalam hal apapun, "untuk membantu mengubah persepsi dari Corvette dan membantu mengubah persepsi Chevrolet, kita pasti akan menempatkan pemasaran yang mendasari hal tersebut", katanya.

Yang ia benar-benar inginkan adalah mengubah persepsi Corvette menjadi sebuah mobil sport yang menarik di kalangan usia 30 hingga 40 tahun dengan penghasilan per tahun sekitar US$150.000, tinggal di kota-kota besar seperti Los Angeles dan Miami, tanpa bermaksud mengabaikan penggemar Corvette tradisional yang berusia lebih tua.

Seperti langkah yang ditempuh oleh Nissan, GM akan memanfaatkan video games untuk mempromosikan C7 kepada kalangan muda dan telah meluncurkan mobil yang dikamuflase di Gran Turismo 5 di simulator mengemudi PS3 sejak November tahun lalu, yang akan tersedia setelah perkenalan resmi  pada 14 Januari. (CDX)