Bursa Ketum Demokrat

Agus Hermanto Ragu Pasek dan Marzuki Didukung Kader Demokrat

Surya Perkasa    •    Rabu, 06 May 2015 14:39 WIB
kongres partai demokrat
Agus Hermanto Ragu Pasek dan Marzuki Didukung Kader Demokrat
Wakil Ketua Umum Demokrat Agus Hermanto--Metrotvnews.com/Hardiat Dani Satria

Metrotvnews.com, Jakarta: Marzuki Alie dan I Gede Pasek Suardika disebut-sebut mengincar posisi ketua umum Partai Demokrat. Wakil Ketua Umum Demokrat Agus Hermanto ragu Marzuki dan Pasek mendapat dukungan dari kader Partai Demokrat.

"Kader itu harus diusung oleh para pemegang suara dengan jumlah tertentu. Tapi nyatanya, mayoritas kader kan mendukung Pak SBY," tutur Agus di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Wakil Ketua DPR itu menyebut, siapapun kader Partai Demokrat boleh mengusulkan diri. Tetapi untuk maju pun juga harus mendapat dukungan pemilik suara.

Saat ini SBY diklaim Agus telah didukung 90 persen pemilik suara. Jika ini benar, tentunya sulit bagi Pasek dan Marzuki mendapat dukungan mencalonkan diri.

Marzuki mungkin saja masih bisa menerima dukungan dari sebagian kader Prati Demokrat. Karena jabatannya saat ini sebagai bagian dari Dewan Pembina partai.

Yang jadi pertanyaan adalah dukungan Pasek. Loyalis mantan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum itu sedikit dipertanyakan. Pasek bahkan terancam tidak diundang karena tidak memiliki jabatan.

Di sisi lain, terkait isu Marzuki dan Pasek tidak mendapat undangan, Agus menilai hal tersebut berbeda. Dia merasa yakin Marzuki akan diundang. "Kalau Pak Pasek kita coba lihat dia kan sekarang di DPD. Apakah beliau masih warga PD atau tidak, kami belum bisa memastikannya. Ini yang harus kita kroscek," jelas dia.

Kongres ke III Partai Demokrat akan menggelar 11 hingga 13 Mei 2015 di Surabaya, Jawa Timur. Dalam kongres tersebut salah satu agendanya adalah memilih ketua umum partai berlambang bintang Mercy.


(YDH)