PPP Djan Faridz Dukung Revisi UU Pilkada

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 06 May 2015 18:56 WIB
pilkada serentak
PPP Djan Faridz Dukung Revisi UU Pilkada
Djan Faridz--MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Revisi Undang-Undang Pilkada menuai dukungan. Kali ini dukungan datang dari Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hasil Muktamar di Jakarta, Djan Faridz.

"Saya mendukung revisi UU itu," kata Djan singkat di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (6/5/2015).

Meski demikian, ia membantah sebagai pihak pengusul agar partainya dapat bertarung dalam pilkada serentak, Desember mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pimpinan DPR dan Komisi II DPR sempat menggelar rapat konsultasi. Ketiga pihak sepakat mendukung revisi UU Pilkada dan UU Partai Politik. Sebab, nyaris tidak ada ruang untuk mengakomodir PPP dan Golkar untuk ikut pilkada lantaran masih terdapat perseteruan internal di partai masing-masing.

Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarulzaman mengatakan akan segera mengusulkan revisi Undang-Undang Pilkada dan Undang-Undang Partai Politik ke pimpinan. Tujuannya agar partai politik yang berkonflik dan belum memiliki kekuatan hukum tetap bisa ikut pilkada serentak tahun ini.

Dia mengklaim semua fraksi di Komisi II menginginkan dua undang-undang itu diubah. "Khususnya, mengenai kepesertaan partai politik untuk mengikuti Pilkada 2015," jelasnya.


(YDH)