Rombertik, Virus Baru yang Mampu Hapus Semua Data dalam Hard Drive

Insaf Albert Tarigan    •    Kamis, 07 May 2015 07:08 WIB
security
Rombertik, Virus Baru yang Mampu Hapus Semua Data dalam Hard Drive
Rombertik bisa mengapus semua isi hard drive Anda.

Metrotvnews.com: Evolusi program jahat (malware) kerap mengejutkan banyak pihak, termasuk para ahli di bidang keamanan internet. Stuxnet, malware yang nyaris melumpuhkan reaktor nuklir Iran, misalnya, dianggap sama sekali baru karena kecanggihannya. Ia bahkan kerap disebut-sebut senjata digital pertama di dunia.

Baru-baru ini, para peneliti keamanan dari Talos Group menemukan malware baru yang juga sangat berbahaya, namanya Rombertik. Rombertik bisa menghapus seluruh data dalam hard drive komputer korbannya tiap kali ia mendeteksi bahwa sang pengguna mencoba mendeteksi keberadaannya.

Rombertik dirancang khusus untuk mengumpulkan semua data korban di Web, kemungkinan untuk mendapatkan informasi mengenai hal-hal rahasia, termasuk perbankan.

Cara infeksinya masih tergolong tradisional, ia menyebar ketika korban meng-klik berkas yang disertakan melalui surel. Ketika menghapus semua berkas dari hard drive komputer korban, sang pemilik tak akan bisa masuk ke beranda sampai mereka memasang ulang sistem operasi. Jadi, sebaiknya berhati-hati ketika Anda menerima surel dari orang tak dikenal.

 


(ABE)