Menlu AS Bujuk Arab Saudi Hentikan Sementara Operasi Yaman

Willy Haryono    •    Kamis, 07 May 2015 09:48 WIB
konflik yaman
Menlu AS Bujuk Arab Saudi Hentikan Sementara Operasi Yaman
Menlu AS John Kerry saat berkunjung ke Djibouti untuk membicarakan masalah konflik Yaman, Rabu (6/5/2015) -- AFP / Andrew Harnik / POOL

Metrotvnews.com, Riyadh: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry bertolak ke Arab Saudi untuk mendiskusikan "jeda kemanusiaan" di Yaman, seiring munculnya laporan kematian puluhan warga sipil yang berusaha melarikan diri dari konflik bersenjata. 

Korban jiwa dari warga sipil juga berada di Arab Saudi, setelah pemberontak Houthi di Yaman meluncurkan roket dan mortir pada Senin kemarin. 

"Kami akan mendiskusikan masalah jeda kemanusiaan dan bagaimana cara mengimplementasikannya," tutur Kerry, yang sempat berbicara dengan Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Nayef.

"Kami sangat khawatir terhadap situasi kemanusiaan di Yaman. Untuk saat ini, krisis utama adalah masalah kemanusiaan," sambung dia, seperti dikutip AFP, Rabu (6/5/2015). 

Rabu kemarin, 32 warga sipil dilaporkan tewas saat berusaha melarikan diri dari kota pelabuhan Aden via jalur laut. Petugas kesehatan lokal menuding Houthi yang telah membunuh mereka semua. 


(WIL)