JK Nilai Kebijakan Moneter BI Sudah Longgar

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 07 May 2015 11:46 WIB
bank indonesia
JK Nilai Kebijakan Moneter BI Sudah Longgar
Ilustrasi Gedung BI. ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan kebijakan moneter yang diatur Bank Indonesia (BI) saat ini sudah sejalan dengan upaya menjaga stabilitas ekonomi Indonesia.

JK sapaan akrab Kalla mengatakan, saat ini lembaga yang dipimpin oleh Agus Martowardojo itu belum perlu untuk melonggarkan kebijakan moneternya dalam waktu dekat-dekat ini. Menurutnya, yang terpenting adalah stabilitas terjaga.

"Sekarang sudah lebih longgar dari tahun lalu," kata JK, dalam IIF Asian Summit, di Ballroom Ritz Carlton Hotel Pacific Place, SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (7/5/2015).

Namun, ke depannya, lanjut JK, dirinya tidak menampik bahwa BI memang perlu menurunkan kembali suku bunga acuan BI, tentu dilakukan secara perlahan.

"Ya nanti pelan-pelan mesti turun. Stabilkan turun sedikit-sedikit," jelas dia.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Peneliti Ekonomi Mandiri Sekuritas, Aldian Taloputra menilai masih ada kemungkinan untuk BI tahun ini menurunkan kembali BI rate sebesar 25 basis poin. Saat ini BI rate berada pada lebel 7,5 persen setelah Februari lalu BI menurunkannya dari 7,75 persen.

"Masih ada satu kali lagi BI rate menjadi 7,25," ujar Aldian.


(AHL)