Guardiola: Bayern Kehilangan Arah Usai Messi Cetak Gol

Achmad Firdaus    •    Kamis, 07 May 2015 12:04 WIB
bayern muenchensemifinal liga champions 2014--2015
Guardiola: Bayern Kehilangan Arah Usai Messi Cetak Gol
Josep Pep Guardiola (Foto: AFP/JOSEP LAGO)

Metrotvnews.com, Barcelona: Pernyataan pelatih Bayern Muenchen Josep 'Pep' Guardiola yang mengatakan Lionel Messi tidak mungkin dihentikan ternyata terbukti benar. Messi tampil sebagai aktor utama kemenangan 3-0 Barcelona atas Bayern Muenchen pada leg pertama babak semifinal Liga Champions, dini hari tadi.

Strategi Pep yang coba meminimalisir aliran bola ke Messi sebenarnya sempat sukses di mana Bayern sukses menahan Barca tanpa gol hingga menit ke-75. Bayern juga unggul dalam penguasaan bola sebesar 55 persen, yang sekaligus mengakhiri dominasi Barca yang tidak pernah kalah dalam penguasaan bola sejak 2006.

Namun, konsentrasi mereka mulai kendur pada 15 menit terakhir sehingga pada akhirnya Messi sukses mencetak dua gol, yakni pada menit ke-77 dan 80, sebelum akhirnya disempurnakan oleh Neymar da Silva pada menit-menit akhir pertandingan.

"Kami coba mengontrol pertandingan sehingga Messi tidak terlalu banyak berpartisipasi. Kami hanya tinggal 15 menit lagi untuk mendapatkan hasil yang bagus," ujar Guardiola usai pertandingan.

"Tidak mudah melawan Barca, kami dapat menghentikan mereka menguasai bola, tapi setelah kebobolan satu gol kami kehilangan arah," lanjutnya.

Dengan hasil ini, Bayern kini dihadapkan pada situasi sulit. Pasalnya, mereka membutuhkan kemenangan setidaknya 3-0 untuk memaksakan babak perpanjangan waktu ketika gantian menjamu Barcelona pada leg kedua di Allianz Arena, pekan depan. (Soccerway)


(ACF)