Kala Jokowi Bermesraan dengan Petinggi KMP

Mufti Sholih    •    Kamis, 07 May 2015 12:16 WIB
jokowi
Kala Jokowi Bermesraan dengan Petinggi KMP
Jokowi di Rakernas PAN (Foto: Ant/Fanny Octavianus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo sempat bermesraan dengan petinggi Koalisi Merah Putih. Kejadian itu terjadi saat Jokowi menghadiri rapat kerja nasional dan pelantikan pengurus DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Rabu 6 Mei malam.

Dalam pelantikan itu, Presiden menyalami tiga ketua umum partai yakni Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, dan Anies Matta sebelum berpidato. Jokowi pun menyinggung soal kejadian itu saat berpidato.

"Kenapa tadi saya hampiri Bapak Prabowo Subianto, kenapa saya hampiri Bapak ARB, kenapa saya hampiri Bapak Anies Mata, dan seterusnya. Karena malam ini saya berbahagia yang namanya Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) semuanya hadir bersama dalam rakernas PAN dan pelantikan PAN 2015-2020," kata Jokowi di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu malam.

KMP merupakan pendukung Prabowo dan KIH merupakan pendukung Jokowi saat pemilu presiden. Berkumpulnya dua petinggi koalisi itu dinilai Jokowi sebagai kebersamaan dan bersatu untuk membangun bangsa.

"Sekarang kompetisinya bukan antarkota, manusia, provinsi, tapi antarnegara," imbuh Jokowi.

Mantan Wali Kota Surakarta itu menerangkan, tantangan Indonesia ke depan semakin berat, terutama di bidang ekonomi. Oleh karena itu, perlu kebersamaan dan bukan kompetisi.

Dia kemudian menyitir peristiwa saat dirinya berbincang dengan Prabowo di Istana Bogor. Peristiwa itu mengisahkan soal kebersamaan Jokowi dan Prabowo. Saat itu, kata dia, dirinya sempat bertanya apakah Prabowo akan kembali maju dan berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2019.

"Ya saya tanya blak-blakan gitu emang. Pak prabowo jawabnya, ya nanti kalo saya maju lagi kita tarung lagi Pak Jokowi," cerita Jokowi.

Tak hanya Jokowi, acara rakernas itu dihadiri petinggi KMP dan KIH. Antara lain, Ketua Umum PPP Muktamar Jakarta Djan Faridz, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq. Ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PKPI Sutyoso, Sekjen Nasdem Reo Capella, Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Hanura Wiranto.

Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN sekaligus tuan rumah, mengaku bersyukur dengan berkumpulnya petinggi KIH dan KMP. Zulkifli mengaku, sangat bahagia lantaran ada silaturahmi dari dua kubu yang berseberangan saat Pilpres.

“Sungguh satu kebahagian acara ini dihadiri Presiden, dihadiri Ibu Megawati, Bapak Prabowo dan ketua umum, pimpinan lembaga, serta  menteri lainnya. Suatu kebahagiaan bagi kami.”

“(Ini merupakan) Silaturahim. Meskipun berbeda politik, kompetisi, di era kompetisi menuntun politisi menjadi negarawan, saat berkompetisi harus mengedepankan kepentingan rakyat, ada waktunya kita berkompetisi ada waktunya kita membangun negeri,” kata Zul dalam sambutannya.


(TII)