Kejagung Pilih Eselon I Lewat Pansel

Indriyani Astuti    •    Jumat, 08 May 2015 14:45 WIB
kejaksaan
Kejagung Pilih Eselon I Lewat Pansel
Jaksa Agung HM Prasetyo--MI/MOHAMAD IRFAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan Agung mulai menerapkan sistem seleksi untuk mengisi eselon I. Pos itu akan diisi pejabat yang lolos seleksi lewat panitia seleksi.

"Melalui proses pansel. Tidak sepenuhnya lagi kewenangan kami. Memang diusulkan melalui Kejagung, tapi untuk mendapatkan figurnya itu lewat seleksi,” kata Prasetyo di Gedung Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (8/5/2015).

Saat ini, posisi pejabat eselon I yang masih kosong adalah Jaksa Agung Muda Pengawas (Jamwas). Posisi itu sudah enam bulan ini diisi pejabat pelaksana Jasman Pandjaitan.

Prasetyo menerangkan, pansel eselon I adalah gabungan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Ombudsman. Nantinya, pansel bersama Kejagung mengusulkan beberapa nama pemilihan eselon I.

“Dengan begitu kita harapkan hasilnya lebih obyektif,” imbuh dia.

Dijelaskan Prasetyo, posisi Jaksa Agung Muda tidak bisa dari unsur eksternal. Sebab, UU Nomor 16 Tahun 2004 menyatakan Jaksa Agung Muda diusulkan oleh Jaksa Agung dan pernah menduduki jabatan jaksa di Kejakasaan Tinggi atau setara.

“Setelah ada undang-undang Kejaksaan sangat teknis dan spesifik. Tentunya siapa pun yg duduk dan jabat eselon I, mereka yang kita harapkan punya pengalaman,” jelas Prasetyo.


(TII)