Tepung Kelapa Sulut Tembus Lituania

Antara    •    Sabtu, 09 May 2015 10:10 WIB
ekspor
Tepung Kelapa Sulut Tembus Lituania
Ilustrasi ekspor (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) T Hasudungan Siregar mengatakan, produk tepung kelapa asal Sulut telah menembus pasar Lituania.
 
"Pada awal Mei 2015, Sulut telah mengekspor tepung kelapa ke Lituania sebanyak 13 ton dan mampu memberikan sumbangan devisa bagi negara sebesar USD24.115," kata Hasudungan, di Manado, Sabtu (9/5/2015).
 
Hasudungan mengatakan, Lituania memang merupakan pasar baru tujuan ekspor komoditas unggulan Sulut seperti tepung kelapa. "Tepung kelapa Sulut memang sangat diminati berbagai negara di dunia karena memiliki kualitas internasional," katanya.
 
Selain memiliki kualitas dan standar internasional, lanjutnya, produk turunan kelapa yang satu ini diproduksi sedemikian rupa sehingga menghasilkan produk sangat diminati. Selain Lituania, ada begitu banyak negara yang meminati tepung kelapa asal Sulut, baik di Asia, Eropa, Amerika, dan Afrika. 
 
Hasudungan berharap minat masyarakat dunia terhadap tepung kelapa Sulut dapat dimanfaatkan petani dan pengekspor dengan baik sehingga mampu meningkatkan nilai tambah.
 
Republik Lituania adalah sebuah negara di Eropa bagian timur laut. Lituania merupakan salah satu dari tiga Negara Baltik yang dekat dengan Laut Baltik. Negara ini berbatasan dengan Latvia di sebelah utara, Belarus di tenggara, Polandia di selatan, dan Oblast Kaliningrad milik Rusia di barat daya.



(ABD)