Mengembalikan Keindahan Mika Lampu yang Buram

- 21 Januari 2013 10:00 wib
<p>Popularmechanics.com</p>

Popularmechanics.com

Metrotvnews.com: Mika lampu yang sudah buram akibat jamur atau baret goresan selain mengganggu tampilan kendaraan, juga bisa menyulitkan saat gelap karena cahaya lampu menjadi berkurang. Untuk membersihkan mika lampu terutama yang sudah buram, bisa dilakukan sendiri.

Sebelum beraksi, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti kompon untuk poles cat, kain dari bahan kaus katun halus, ampelas/kertas pasir ukuran 8000, sabun cream, kuas, wadah air dan lap chamois.

Jika Anda bisa melepas lampu dari dudukannya hasilnya akan lebih baik. Apalagi jika lampu itu bisa Anda lepas bagian demi bagian agar dapat dibersihkan secara mendetil.

Cucilah seluruh bagian lampu yang terbuat dari plastik dengan larutan deterjen pekat. Gunakan kuas halus untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit terjangkau.

Ulangi proses pembersihan awal jika terasa masih kurang. Proses ini dapat menghilangkan flek-flek akibat jamur. Setelah dikeringkan, perhatikan apakah mika hanya buram akibat goresan halus atau tergores dalam. Jika hanya baret-baret halus bisa diatasi dengan kompon.

Oleskan kompon berbentuk pasta pada kain halus secukupnya. Gosokkan kain tadi pada permukaan mika yang buram dengan gerakan memutar. Prosesnya tak perlu berlama-lama kecuali goresan cukup banyak.

Setelah dirasa cukup, ambil kain halus kering dan gosokkan kembali sekaligus
untuk menghilangkan sisa-sisa kompon. Tahap ini Anda sudah bisa melihat hasilnya.

Jika kurang, ulangi proses tadi dari awal. Jika ternyata goresan cukup dalam dapat disiasati dengan menggosoknya dengan ampelas halus yang dibasahi air. Tak usah terlalu lama untuk mencegah mika menjadi terlalu tipis.

Setelah goresan hilang bisa dilanjutkan dengan kompon seperti pada proses awal untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan berkilau. Setelah itu, cuci kembali dengan deterjen untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang masih tertinggal.

Sambil menunggu mika kering, Anda bisa membersihkan bagian dalam komponen lampu agar hasilnya lebih sempurna. Setelah itu rakitlah lampu kemudian pasang sesuai prosedur. Selamat mencoba (CDX)

()

MOTOR
MOBIL
MODIFIKASI
TIPS

Mata Najwa: Melawan Arus

02 September 2014 21:09 wib

Mata Najwa: Perbedaan pendapat merupakan hal yang umum terjadi dan dijamin kebebasannya dalam UU negara. Namun ternyata di negara demokratis ini, perbedaan pendapat dan pandangan justru sulit diterima di sejumlah partai politik.  Sejumlah anggota yang memilih untuk melawan arus, harus menghadapi resiko menerima sanksi.  Reformasi dalam partai politik pun seakan tak berbunyi. Sebagai pilar demokrasi, partai politik malah jadi sumber masalah. Kaderisasi tak berjalan, hanya mencari kawan yang sepaham, sementara idealism tak lagi diusung ke depan.   Namun sikap para politikus pun harus ditelaah.  Apakah keberpihakan mereka memang sungguh mengikuti hati nurani, mendengar suara rakyat dan idealisme atau hanya membungkus sikap pragmatis. Mata Najwa mengundang politikus senior Lily Wahid yang pernah membuat gebrakan di PKB. Lily melawan kebijakan partai saat duduk di kursi DPR, menggugat kasus Century dan mengusung hak angket mafia pajak. Serta Yusuf Supendi yang terus mengkritisi ketidak-adilan elit partai yang didirikannya, PKS. Dari jalur politik terkini, hadir pula sebagai narasumber politikus partai Demokrat, Ruhut Sitompul, politikus partai Gerindra, Harris Indra dan politikus partai Golkar, Nusron Wahid. Ketiganya menghadapi situasi yang berbeda-beda, meski sama-sama melawan arus kebijakan partainya dengan mendukung Jokowi. Pengamat politik, Yunarto Wijaya juga hadir untuk memberikan gambaran mengenai kondisi partai politik Indonesia saat ini.  Saksikan selengkapnya hanya di Mata Najwa, Rabu 3 September 2014 pukul 20:05 WIB di Metro TV.