McLaren Pamerkan Supercar P1 untuk Kalangan Terbatas

   •    Senin, 21 Jan 2013 12:32 WIB
McLaren Pamerkan Supercar P1 untuk Kalangan Terbatas

Mirror.co.uk

Metrotvnews.com, California: Dalam sebuah acara yang digelar untuk kalangan terbatas, McLaren memamerkan supercar P1 dalam kondisi yang mendekati model produksi di Beverly Hills baru-baru ini.

Prototipe yang tampil dengan warna volcano orange ini sudah dibekali dengan mesin beserta kelengkapannya. Seperti biasa, kendaraan ini tetap menggunakan kaca gelap untuk menyembunyikan interiornya.

Sasisnya menggunakan bahan serat karbon yang sama seperti McLaren MP4-12C bersama struktur aluminium di depan dan belakang untuk melindungi saat terjadi kecelakaan.

Bahan serat karbon yang kuat dan ringan tidak mampu menyerap energi sehingga perlu ada dukungan untuk tetap membuat kendaraan ini memiliki unsur keselamatan yang sesuai dengan performanya.

Seluruh panel bodinya terbuat dari serat karbon, sementara unsur logam yang terlihat, termasuk jaring-jaring ventilasi, terbuat dari titanium alloy. Semua itu ditujukan untuk bisa mencapai bobot seringan mungkin dengan target 1.300 kg.

Kuat dugaan kalau kendaraan ini akan menggunakan mesin yang sama dengan MP4-12C twin-turboharged 3.6 liter V8 namun dengan output lebih tinggi bertenaga maksimal sekitar 800 hp.

Kendaraan ini akan memanfaatkan KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang serupa dengan yang digunakan pada mobil balap Formula 1. Perangkat ini mampu memberikan tenaga tambahan dalam periode singkat.

Produsen mobil asal Inggris tersebut beharap McLaren P1 akan menjadi kendaraan produksi tercepat di dunia yang akan dibuktikannnya nanti di sekitar Nurburgring.

Rencananya perakitan kendaraan ini akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang. Supercar McLaren P1 akan dibuat dalam jumlah terbatas hanya 500 unit dengan harga maasing-masing sekitar US$1,2 juta.

Untuk mengetahui detil spesifikasi P1, sepertinya kita perlu sabar menunggu dalam beberapa pekan ke depan menjelang digelarnya Geneva Motor Show 2013 bulan Maret mendatang. (CDX)