On This Day

On This Day: Keluarga Glazer Akuisisi Saham Manchester United

Alfa Mandalika    •    Selasa, 12 May 2015 07:39 WIB
pada hari ini
<i>On This Day</i>: Keluarga Glazer Akuisisi Saham Manchester United
Malcolm Glazer. (Foto: AP/ J. Scott Applewhite)

Metrotvnews.com: Tepat 12 Mei 2005, pebisnis asal Amerika Serikat Malcolm Glazer mengakusisi saham mayoritas Manchester United. Keluarga Glazer berhasil memiliki klub meski ada gelombang protes dari fan. Sebelumnya, Malcolm memiliki klub American Football, Tampa Bay Buccaneers.  

Awalnya, saham Glazer di United hanya 2,9 % pada Maret 2003. Dan, mereka secara bertahap membeli saham tambahan, sehingga pada Oktober 2004 mereka sampai di 30% dan mengharuskan mereka untuk meluncurkan tawaran pengambilalihan resmi.

Sementara, itu, dua pemegang saham lainnya JP McManus dan John Magnier memiliki 28,7%. Keduanya sempat ingin menggulingkan Sir Alex Ferguson. Namun, melihat pengaruh mereka di klub yang semakin berkurang akhirnya McManus dan Magnier memberikan sahamnya kepada keluarga Glazer. Pada 12 Mei 2005, Glazer sepakat membeli saham McManus dan Magnier saham mayoritas hampir 60%. Pada akhir musim panas, mereka mengambil alih kepemilikan klub.

Di bawah kepemilikan keluarga Glazer, United berhasil menyabet tiga gelar Liga Primer Inggris dan satu trofi Liga Champions. Mengakuisisi United keluarga Glazer harus mengeluarkan dana sebesar 716,5 juta pounds pada Januari 2010. Namun, sikap dari keluarga Glazer itu membuat para fan merasa kesal. Pasalnya, informasi yang beredar dana untuk mengakuisisi United diperoleh dengan berutang dengan menggunakan aset klub sebagai agunan.

Para fan juga sempat ingin membentuk klub baru yakni FC United of Manchester. Selain itu, ada juga fan yang ingin membeli saham MU. Tetapi, niatan itu langsung ditolak oleh keluarga Glazer.  (TDIFH)


(ASM)