Harkonas, Upaya Peningkatan Kesadaran Konsumen

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 12 May 2015 11:32 WIB
hari konsumen nasional
Harkonas, Upaya Peningkatan Kesadaran Konsumen
Hari Konsumen Nasional 2015 (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Widodo mengatakan, Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2015 digelar sebagai momentum sebagai upaya penguatan peningkatan kesadaran konsumen untuk memperhatikan hak dan kewajiban untuk mencintai produk dalam negeri.

"Hari konsumen sekaligus pencanangan dan cinta produksi dalam negeri sebagai mencanangkan indeks keberdayaan konsumen," kata Widodo, saat pembukaan Harkonas 2015, di Silang Barat Monas, Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Adapun beberapa tujuan diadakan Harkonas 2015, yakni pertama, sebagai upaya penguatan kesadaran secara masif akan arti pentingnya hak dan kewajiban konsumen serta sebagai pendorong meningkatnya daya saing produk yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri.

Kedua, menempatkan konsumen pada subyek penentu kegiatan ekonomi sehingga pelaku usaha terdorong untuk dapat memproduksi dan memperdagangkan barang atau jasa yang berkualitas serta berdaya saing di era globalisasi. Ketiga, dengan adanya Harkonas dapat menempatkan konsumen untuk menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subyek penentu kegiatan ekonomi Indonesia.

Keempat, mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugas mengembangkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia. Kelima, mendorong pembentukan jejaring komunitas perlindungan konsumen.

Sebagai informasi, Harkonas secara resmi ditepatkan pada 12 Mei 2015. Adapun beberapa menteri yang akan hadir dalam Harkonas 2015 di antaranya Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Koperasi dan UKM Gde Agung Puspayoga, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat serta Gubernur dari Gorontalo.



(ABD)