Cita Mineral Investindo Dapat Pinjaman Rp130 Miliar dari Anak Usaha

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 12 May 2015 19:37 WIB
emiten
Cita Mineral Investindo Dapat Pinjaman Rp130 Miliar dari Anak Usaha
Ilustrasi. MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) dan PT Harita Prima Abadi Mineral telah menandatangani perjanjian pinjam meminjam pada 8 Mei 2015.

"Harita Prima Abadi Mineral akan memberikan pinjaman kepada perseroan sebesar USD10 juta atau setara Rp130 miliar (Rp13.000 per USD)," ucap Direktur Utama Cita Mineral Investindo Citro Utomo, seperti dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (12/5/2015).

Menurut dia, PT Harita Prima Abadi Mineral sendiri merupakan entitas anak usaha perseroan, dengan komposisi sebanyak 99,99 persen, sedangkan sisanya 00,01 persen dimiliki PT Harita Jayaraya. Jumlah saham yang dimiliki perseroan sebanyak 124.999 lembar saham, dan satu lembar saham dimiliki Harita Jayaraya.

Pertimbangan dan alasan untuk melakukan transaksi pinjam memintam dibandingkan dengan transaksi serupa yang dibuat dengan pihak non-afiliasi adalah untuk mendapatkan pinjaman dengan syarat dan kondisi yang ringan. Selain itu, tujuan transaksi kali ini, dia menegaskan, guna memenuhi kebutuhan modal kerja perseroan.

Seperti diketahui, Cita Mineral Investindo memulai kegiatan usahanya di tahun 1992 dengan memproduksi Panel Furniture seperti TV, Audio dan Video Cabinet. Pada tahun 1997, CITA menambah jenis produknya meliputi iCDholder, computer workstation, home entertainment centre dan produk-produk unggulan lainnya.

Sesuai dengan perkembangan di pasar internasional, CITA melakukan diversifikasi ke bidang wooden furniture yang menggunakan bahan baku solid wood. Pada Maret 2002 CITA mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Akhir tahun 2005, merupakan babak baru bagi CITA dengan memasuki dunia pertambangan bauksit dengan melakukan investasi pada PT Harita Prima Abadi Mineral.
 
Tujuh tahun sudah CITA melangkah bersama Entitas Anaknya menggeluti pertambangan bauksit. Komitmen, ketekunan, kerjasama dan kerja keras merupakan dasar kuat yang telah mengantarkan CITA dan Entitas Anaknya sebagai pemain utama di pertambangan bauksit seperti saat ini.

Tahun 2012 merupakan bagian dari perjalanan CITA dan Entitas Anak untuk tetap yakin melangkah kedepan menjadi Produsen bauksit dan alumina besar, maju dan berkembang serta berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa.


(WID)