Stok Puasa & Lebaran Aman, Tak Perlu Impor Beras

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 13 May 2015 08:47 WIB
beras
Stok Puasa & Lebaran Aman, Tak Perlu Impor Beras
Ilustrasi beras -- ANTARA FOTO/SISWOWIDODO

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menilai pemerintah tidak perlu membuka keran impor beras.

Rini lebih menekankan Perum Bulog agar berperan lebih dalam menyerap pembelian beras. Dia melihat sampai saat ini kinerja Bulog makin membaik di mana setiap harinya sudah bisa menyerap sekitar 35 ribu ton.

"Kelihatannya enggak perlu (impor). Kita harapkan waktu puasa, stoknya sudah lebih dari cukup," katanya ditemui di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Mei 2015.

Hal senada juga dikatakan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel. Menurutnya pasokan beras untuk bulan puasa masih dalam kondisi aman. Sampai saat ini, kata Gobel stok yang ada di gudang Bulog sekitar 1,2 juta ton lebih. Meski memang diakui minimumnya harus ada 2 juta ton.

"Ini diusahakan terus penyerapannya oleh Kepala Bulog. Kalau impor itu upaya terakhir," terangnya.

Adapun untuk menjaga permainan pedagang (spekulan) dalam menentukan harga menjelang puasa dan Lebaran, Gobel sendiri tengah menunggu aturan hukumnya dikeluarkan.

"Saya sedang menunggu Perpres yang bisa menentukan harga kebutuhan bahan pokok untuk pengendalian stok yang ada," jelas Gobel.


(AHL)