Bangun Cold Storage, Kadin Indonesia Timur Investasi USD5 Juta

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 13 May 2015 13:16 WIB
perikanan
Bangun <i>Cold Storage</i>, Kadin Indonesia Timur Investasi USD5 Juta
Ilustrasi. Antara/Sahrul Manda Tikupadang

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Wilayah Timur akan membangun cold storage (tempat penyimpanan beku) untuk ikan di daerah timur Indonesia. Hal ini dilakukan agar hasil tangkapan ikan nelayan Indonesia timur dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ketua Bidang Investasi, Banking, Finance dan Pengembangan Usaha Kadin Indonesia Wilayah Timur, Reza V Maspaitella mengungkapkan, pihaknya membutuhkan investasi hingga USD5 juta untuk membangun cold storage dan infrastruktur pendukung.

"Pembangunan cold storage itu butuh sekitar USD1 juta-USD5 juta. Dana itu digunakan untuk memperbesar infrastruktur di kawasan itu sendiri," kata Reza dalam konferensi pers Trade and Investment Forum 2015 di Menara Kadin Indonesia, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/5/2015).

Sebagai langkah awal, lanjut dia, pihaknya meminta kepada Pemerintah Daerah Maluku untuk menyediakan lahan agar perdagangan ikan di daerah tersebut dapat berjalan terlebih dahulu. Sehingga ketika telah berjalan dengan lahan yang telah disediakan, maka daerah tersebut dapat dibangun cold storage untuk penyimpanan ikan.

"Kita minta kepada Pemerintah Daerah agar menyiapkan lahan. Pasalnya dengan penyiapan lahannya itu, tradingnya akan jalan terlebih dahulu baru kemudian cold storagenya," ungkap Reza.

Dia menambahkan, dengan investasi membangun infrastruktur daerah, maka perekonomian warga sekitar juga akan meningkat. Jika hal itu telah berjalan, maka tak ayal pertumbuhan ekonomi di wilayah Indonesia Timur akan meningkat.

"Jadi yang untuk ikan-ikan beku dari situ perkapalan bisa langsung. Kita usahakan agar dari Ambon bisa langsung ke Belanda. Dengan pembangunan infrastruktur tersebut, nelayan dan masyarakat kita juga dapat meningkat perekonomiannya," pungkas Reza.


(WID)