Menteri Puan: Jokowi-JK Tengah Realisasikan Mimpi Rakyat

K. Yudha Wirakusuma    •    Rabu, 13 May 2015 15:21 WIB
jokowi-jk
Menteri Puan: Jokowi-JK Tengah Realisasikan Mimpi Rakyat
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani--Antara/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tengah berupaya membuat mimpi rakyat menjadi nyata. Salah satu langkah kongkritnya yaitu dengan mewujudkan program perlindungan sosial.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, saat membagikan Kartu Keluarga Sejahtera, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

"Kartu-kartu ini diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Sebagian besar dari warga kita jamin mendapatkan subsidi untuk pendidikan, kesehatan dan kartu keluarga sejahtera," kata Puan, Rabu (13/5/2015).

Puan meminta supaya tidak ada lagi warga yang tidak mampu merasa khawatir bila tidak mendapatkan pendidikan dan layanan kesehatan. Tujuan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf mengeluarkan program perlindungan sosial agar masyarakat bisa mendapatkan pendidikan, kesehatan dan kehidupan yang layak.

Dalam kesempatan itu, Puan mengajak sejumlah warga dan pelajar yang orangtuanya tinggal di daerah Penjaringan berdialog. Kepada salah satu anak yang bercita-cita menjadi pilot, Puan meminta supaya anak tersebut rajin belajar dan berprestasi.

"Bagaimana kemudian bisa jadi pilot kalau lulus sekolah saja tidak? Jadi kamu harus rajin belajar dan dapat rangking, ya. Pemerintah sudah kasih Kartu Indonesia Pintar supaya anak-anak Indonesia bisa sekolah. Paling tidak itu yang dilakukan pemerintah," tutur Puan.

Puan mengatakan, semangat dari pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mengeluarkan program Kartu Indonesia Pintar agar setiap anak indonesia nantinya harus lulus sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

"Dan kemudian anak-anak Indonesia bisa mendapatkan pendidikan dengan layak sehingga dapat berkompetisi bukan hanya di tingkat nasional tapi juga internasional," ujar Puan.

Puan menambahkan, warga yang sudah memiliki ketiga kartu itu jangan takut untuk tidak dapat atau uangnya hangus jika belum sempat mengambilnya. "Pemerintah jamin hak warga tidak akan hilang," terangnya.

Turut mendampingi Puan dalam acara itu antara lain Menteri Pendidikan Anies Baswedan dan Menteri Sosial Khofifah Indarparawangsa. Warga di Penjaringan yang menerima program tersebut sebagian berprofesi sebagai nelayan.


(YDH)