Apple Watch Rentan Dicuri?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 15 May 2015 09:48 WIB
apple watch
Apple Watch Rentan Dicuri?
Lemahnya sistem keamanan Apple Watch membuatnya rentan pencurian. AP Photo/Marcio Jose Sanchez

Metrotvnews.com: Tidak lama setelah Apple Watch diluncurkan beberapa minggu lalu, ditemukan sebuah kelemahan dalam sistem keamanan jam tangan pintar dari Apple ini. Bukan dari segi material fisiknya, kelemahan ini dapat dengan mudah dieksploitasi, menjadikan Apple Watch rentan dicuri.

iDownloadBlog mengunggah sebuah video ke YouTube. Dalam video ini, mereka menunjukkan bahwa meskipun Watch memiliki kode PIN untuk fitur keamanan, tetapi seseorang dapat dengan mudah melakukan factory reset untuk menghapus semua data yang ada pada Watch Anda dan menghubungkannya dengan iPhone lain.

Apple Watch didesain sedemikian rupa sehingga saat ia tidak lagi terpasang di pergelangan tangan seseorang, maka ia akan meminta sebuah kode PIN. Tetapi kode ini menjadi tidak berguna jika Watch Anda tercuri karena sang pencuri dapat dengan mudah menghapus semua data yang ada pada Watch Anda dan menghubungkannya dengan iPhone lain tanpa harus memasukkan kode PIN tersebut.

Banyak orang khawatir masalah ini akan membuat orang terdorong untuk mencuri sebuah Apple Watch dan menjualnya kembali.

Sejak iOS 7, iPhone memiliki sebuah fitur bernama Activation Lock. Saat seseorang mengaktifkan Activation Lock, maka untuk menggunakan iPhone tersebut, seseorang tidak hanya harus memasukkan kode PIN, tetapi juga username dan password dari Apple ID mereka. Jadi, jika seseorang mencuri sebuah iPhone dan Activation Lock berada dalam keadaan aktif, mereka tidak akan bisa melakukan factory reset karena mereka harus mengetahui informasi Apple ID dari sang pemilik iPhone. Dan hal ini telah berhasil menurunkan angka pencurian iPhone.

Sayangnya, Apple Watch tidak memiliki fitur yang sama. Meski data Anda tetap aman - karena satu-satunya cara untuk mengakses data tersebut adalah dengan memasukkan kode PIN - tetapi tidak begitu dengan Apple Watch Anda.

Dikutip dari Mashable, Apple masih belum mengatakan apa-apa mengenai masalah keamanan pada Apple Watch ini. Masih belum diketahui juga apakah nantinya, Apple akan menambahkan fitur seperti Activation Lock pada Apple Watch.

Video di bawah ini akan menunjukkan pada Anda bahwa Anda dapat melakukan factory reset bahkan jika Anda tidak mengetahui kode PIN dari sebuah Apple Watch.

 


(ABE)