Jangan Biarkan Ideologi Radikalisme Anti NKRI Tumbuh Besar

K. Yudha Wirakusuma    •    Jumat, 15 May 2015 20:02 WIB
isis
Jangan Biarkan Ideologi Radikalisme Anti NKRI Tumbuh Besar
Ilustrasi--afp

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah diharapkan bergerak cepat membendung gerakan radikalisme. Hal tersebut dapat dilakukan melalui berbagai kebijakan.

"Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kita harapkan menyiapkan kebijakan-kebijakan, terutama UU yang mengatur itu, agar paham radikalisme jangan sampai besar,” kata Wakil Sekjen Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Ulama (NU) Adnan Anwar, Jumat (15/5/2015).

Dengan landasan aturan itu akan memudahkan semua pihak mencegah terorisme. “Diperlukan untuk melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman faham radikalisme," imbuhnya.

Pemerintah, terutama BNPT, perlu menyikapi keberadaan kelompok yang nyata-nyata ideologinya bertentangan dengan NKRI

"Istilahnya kriminalisasi ideologi negara. Jadi untuk kelompok yang begini, BNPT bisa mendorong bahwa yang begini ini tidak boleh besar dan berkembang secara terbuka. Makanya perlu ada segera landasan
hukumnya," imbuhnya.

Menurut dia, harus ada keberanian menindak dengan soft power, seperti menutup situs dengan cara lebih dulu mendalami konten dan lebih komprehensif dalam melibatkan banyak pihak. "Juga siaran radio dan televisi yang isinya sama yaitu ingin merobohkan ideologi NKRI. Kami siap bekerjasama dengan BNPT untuk mendukung langkah-langkah tersebut," kata Adnan.


(YDH)