Inggris Siap Bangun Infrastruktur di Indonesia

Mufti Sholih    •    Jumat, 15 May 2015 21:33 WIB
indonesia-inggris
Inggris Siap Bangun Infrastruktur di Indonesia
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Inggris siap menjadi mitra rencana pembangunan infrastruktur dalam menggenjot ekonomi Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Perdagangan dan Investasi Inggris, Francis Maude dalam sambutannya dalam acara Bussiness Luncheon bersama Wakil Presiden RI di Asia House siang waktu setempat, seperti dikutip dalam siaran pers yang dikeluarkan KBRI London, Jumat (15/5/2015).

Menurut Maude, Indonesia akan menjadi ekonomi yang kuat bukan hanya di regional namun juga di dunia. "Kami (Pemerintah Inggris) siap menjadi mitra dalam rencana ekonomi yang akan dijalankan oleh Indonesia dalam waktu dekat ini," tutur dia.

Indonesia memiliki potensi yang besar dan mampu memaksimalkannya dengan cepat di berbagai bidang. Menteri Maude juga sempat menceritakan pengalaman Menteri Luar Negeri Inggris saat melakukan kunjungan kerja nya ke Indonesia.

"Indonesia akan menjadi pemain besar di dunia, dan sudah sepantasnya dunia mensejajarkan Indonesia dengan negara anggota BRICS. Dunia harus mulai mengeja BRICS (Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan) dengan dua I, yaitu Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden Kalla menyampaikan rencana pembangunan ekonomi Indonesia yang akan difokuskan pada sektor agrikultur, manufaktur dan Infrastruktur. Wapres Kalla mengundang para investor Inggris untuk berpartisipasi mengiatkan ekonomi di Indonesia. "Pintu kami terbuka bagi investor asing untuk membangun infrastruktur di Indonesia," ujar Jusuf Kalla.

Acara di Asia House dihadiri para pemain bisnis terkemuka di Inggris. Para hadirin menyambut positif gagasan Wapres RI, khususnya agenda pembangunan infrastruktur Indonesia di waktu dekat ini.


(AHL)