Pembubaran Petral Bagai Membakar Sarang Tawon

Yogi Bayu Aji    •    Minggu, 17 May 2015 16:55 WIB
petral
Pembubaran Petral Bagai Membakar Sarang Tawon
Faisal Basri duduk bersama Menteri ESDM Sudirman Said dalam sebuah diskusi yang membahas mengenai Petral. FOTO: MTVN/Yogi Bayu Aji

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri menyebutkan pembubaran Pertamina Energy Trading Limited (Petral) tak menghentikan permainan para mafia migas. Dia menilai, mereka masih bisa bernafas bebas.

"Mafia tetap jalan terus. Kita bentuk yang lain, mereka terus jalan," kata Faisal, dalam diskusi di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (17/5/2015).

Dia menjelaskan, pembubaran Petral bagai membakar sarang tawon. Sang tawon masih tetap bisa hidup dengan pindah ke sarang lainnya. Kelakuan itu, jelas dia, juga ada para mafia migas.

Selama pengkajian terhadap Petral, kata dia, timnya menemukan fakta-fakta yang mencengangkan. Pasalnya, kata dia, permainan para mafia migas sudah sampai ke lembaga negara lainnya.

"Ternyata ada kaitannya dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas)," imbuh Faisal.

Namun, Faisal masih enggan menyebutkan nama-nama pihak yang dia sebut sebagai mafia migas. Menurut dia, itu bukan kewenangannya.

"Kami tak tangkap mafia. Kami bukan di jalur hukum. Tapi kami memetakan," pungkas dia.


(AHL)