KPK Siap Tunjukkan Alat Bukti dalam Praperadilan

Cahya Mulyana    •    Minggu, 17 May 2015 17:23 WIB
praperadilan
KPK Siap Tunjukkan Alat Bukti dalam Praperadilan
Plt Pimpinan KPK Johan Budi. (Foto: MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menunjukkan alat bukti dalam sidang gugatan penetapan tersangka pada sidang praperadilan. Langkah itu diambil buat meyakinkan hakim bahwa penetapan tersangka sesuai prosedur yang berlaku.

"Kami sedang menyusun strategi baru (supaya bisa yakinkan hakim praperadilan," ujar Pelaksana Tugas Pimpinan KPK, Johan Budi Sapto Pribowo saat hubungi, Minggu (17/5/2015).

Johan menerangkan, rencana tersebut akan diputuskan pada rapat Pimpinan KPK. KPK, kata dia, mengambil banyak pelajaran dari proses dan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terhadap Ilham Arief Sirajuddin.

Ia mejelaskan, salah satu opsi yang menjadi pembahasan Pimpinan KPK adalah bagaimana bisa meyakinkan hakim praperadilan tanpa mengganggu proses penyidikan.

"Kita lihat saja nanti (pada sidang Hadi Purnomo)," tegas Johan.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan gugatan praperadilan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Penetapan tersangka Ilham oleh KPK diputuskan tidak sah.

Dalam pertimbangannya, Ketua Majelis Hakim Yuningtyas Upiek Kartikawati meminta KPK menghadirkan alat bukti dan bukan fotokopi. Hal itu sempat membuat Plt Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji menanggap, Hakim Upiek bertindak di luar ketentuan UU.

KPK pun siap menghadapi praperadilan lainnya. KPK siap melawan dan tak mau kalah lagi dalam praperadilan.


(TII)