NasDem Desak Kemenkes Bentuk Timwas Pelaksanaan BPJS

Aedy azeza ulfi    •    Selasa, 19 May 2015 09:17 WIB
bpjs kesehatan
NasDem Desak Kemenkes Bentuk Timwas Pelaksanaan BPJS
Petugas Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Pemkot Jambi menunjukkan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang baru diterimanya di Kota Baru, Jambi, Kamis (9/4). (Foto: ANTARA FOTO/Petugas Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemak

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi IX fraksi NasDem Amelia Anggraini mendesak agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membentuk tim pengawas pelaksanaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS). Hal ini dilakukan karena banyaknya keluhan dari masyarakat mengenai pelayangan BPJS.

“Tujuan BPJS dan sistem yang dibangun sudah bagus. Namun yang kurang adalah sosialisasi dan yang terpenting adalah penerimaan rumah sakit atas pasien dengan jaminan BPJS Kesehatan. Tak sedikit saya menerima aduan dari masyarakat mengenai hal ini, juga temuan-temuan di Puskesmas dan RS,” papar Amelia, Senin (18/5/2015).

Menurut Amelia, implementasi BPJS, mulai dari kurangnya alat kesehatan, fasilitas kesehatan, dan pelayanan kesehatan menjadi pekerjaan rumah pemerintah. "Tak mudah memang menjalankan sistem jaminan kesehatan sebesar ini, oleh karena itu seharusnya ada tim pengawas sebagai bagian dari evaluasi,” kata dia.

Hal ini, kata dia, terkait pemenuhan hak hidup yang layak terhadap warga negara yang tercantum dalam amanat UUD 45. Selain itu, dia menjelaskan masalah ini juga dibahas dalam UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS Kesehatan, pasal 1 ayat 4 yang menerangkan, peserta adalah setiap orang termasuk orang asing yang bekerja paling lambat enam bulan di Indonesia yang telah membayar iuran.

“Jangan lupa, keberadaan BPJS ini adalah untuk memastikan negara melaksanakan kewajibannya kepada rakyat untuk memenuhi hak hidup yang layak dan pihak rumah sakit harus sadar akan tugas besar itu,” pungkas Amelia.

 


(OGI)