Belasan Rumah Terancam Longsor di Brebes

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 19 May 2015 21:30 WIB
longsor
Belasan Rumah Terancam Longsor di Brebes
Salah satu titik rawan longsor di Brebes, Jawa Tengah. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Hujan deras yang terus mengguyur Sungai Pemali, di Desa Kedungbokor, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, beberapa hari terakhir, membuat tebing tanah di sana terkikis.

Akibatnya, belasan rumah milik warga dan jalan desa hampir putus terkena longsor. Untuk mengantisipasinya, beberapa warga membuat cerucuk (pondasi dengan susunan tiang) dari bambu.

Kepala Desa Kedungbokor Sudaryo mengatakan saat ini warga sudah mulai resah akibat longsor tebing sungai yang terus terjadi. Bahkan, tujuh rumah yang berada tepat di samping tebing sudah mulai ada yang terkikis. Akibatnya, bagian rumah belakang warga tersebut terancam hilang.

"Sebelumnya memang sudah ada sembilan rumah warga yang tergerus. Kemudian, terakhir kali ada dua rumah lagi menyusul," ujar Sudaryo, Selasa (19/05/2015).

Sudaryo menjelaskan rumah yang hilang terkena longsor terutama di wilayah RT 01/05 dan RT 02/05. Termasuk 12 rumah warga yang berada di dekat sungai terancam longsor.

Untuk itu, ia meminta supaya pemkab segera memprioritaskan wilayah tersebut untuk dinormalisasi dan dipasang bronjong.

Pantauan Metrotvnews.com, kondisi rumah yang ada di sekitar sungai tersebut sangat mengkhawatirkan. Jarak antara rumah warga dengan tebing sungai Rambatan dan sungan Pemali, sudah sejajar.

Mereka berharap pemerintah kabupaten memperhatikan nasib warga di sekitar sungai agar keamanan warga terjamin.

Sekretaris Camat Larangan, Mohamad Zuhdan Fanani meminta pihak desa untuk merelokasi belasan rumah warga yang terancam longsor. Sungai yang arusnya mengikis tebing sudah sangat membahayakan keselamatan.

“Kami berharap pemprov segera turun tangan membuat penahan arus pada tekukan arus sungai Pemali,” kata Zuhdan.
 


(UWA)