Triwulan II-2015, BPS Perkirakan Kondisi Ekonomi Bali Membaik

Antara    •    Kamis, 21 May 2015 12:53 WIB
bps
Triwulan II-2015, BPS Perkirakan Kondisi Ekonomi Bali Membaik
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Metrotvnews.com, Denpasar: Kondisi ekonomi di Bali diperkirakan akan membaik pada triwulan II-2015, mengingat indeks tendensi konsumen (ITK) mengalami peningkatan dibandingkan triwulan I-2015 yang tercatat sebesar 116,45.

"Demikian pula pendapatan rumah tangga juga diperkirakan membaik dengan indeks 116,45, sehingga mendorong rencana membeli barang-barang tahan lama," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Panusunan Siregar, di Denpasar, Kamis (21/5/2015).

Ia mengatakan, meningkatnya ekspektasi konsumen pada triwulan II-2015 merupakan hal yang wajar terjadi, mengingat sebagian dari masyarakat mengharapkan terdapat sumber insentif, di samping pendapatan rutin. Pertumbuhan ekonomi sebagai salah satu pendorong umum dalam meningkatkan pendapatan diyakini akan mampu tumbuh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

Panasunan menjelaskan, kondisi ITK di Bali pada triwulan I-2015 lebih baik dibandingkan dengan kondisi nasional. ITK nasional tercatat mengalami penurunan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya dengan capaian sebesar 100,87.

Meskipun terbilang membaik, namun tingkat optimisme terhadap kondisi ekonomi saat ini masih mengalami penurunan, sehingga menempatkan ITK Bali pada peringkat lima nasional. Pada triwulan I-2015 hanya 13 provinsi yang mengalami peningkatan pada optimismenya. Untuk wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara tidak semua provinsi mengalami kenaikan pada ITK.


(ABD)