Skuter Listrik Xkuty Berbobot 45 Kilogram

   •    Selasa, 05 Feb 2013 13:00 WIB
Skuter Listrik Xkuty Berbobot 45 Kilogram

autoevolution.com

Metrotvnews.com: Dengan bobotnya yang hanya 45 kg, Xkuty pantas dikategorikan sebagai sebuah sepeda. Namun masalahnya,  ia tidak memiliki pedal-pedal karena ia juga tidak memiliki rantai. Oleh karenanya sangat sulit disangkal kalau Xkuty adalah skuter seperti yang klaim oleh pembuatnya.

Selain bobotnya yang ringan, para pencipta Xkuty sengaja merancang skuter itu untuk mudah digunakan. Dalam promosinya, mereka menekankan bahwa pengiriman Xkuty tanpa disertai dengan petunjuk penggunaan (instruction manual).

Yang dibutuhkan hanya menekan sebuah tombol di setang sebelah kanan untuk menghidupkannya, tanpa sedikit pun mengeluarkan suara mengganggu. Bahkan mereka mengklaim suara yang dihasilkan rata-rata hanya sebesar 5 dB.

Skuter listrik ini dibekali dengan motor listrik berkekuatan 1.500 watt yang sanggup menggelindingkannya hingga kecepatan 45 km/jam. Bersama baterai lithium ganda yang dimilikinya, Xkuty mampu dijalankan sejauh 50 km.

Untuk mengisinya kembali dibutuhkan dua jam hingga baterai kembali penuh dengan pengeluaran biaya setara 50 sen euro menggunakan pasokan listrik rumah tagga.

Angka tersebut cukup kompetitif sebagai biaya operasional, meskipun produsennya mengatakan bahwa baterai Xkuty sepertinya harus diganti setiap beberapa tahun jika digunakan secara rutin.

Yang menarik lainnya pada Xkuty adalah keberaan docking station untuk smartpone. Menurut Autoevolution, saat ia terkoneksi, sebuah iPhone atau Android akan berfungsi sebagai instrumen panel yang menyajikan pengendara soal kecepatan dan status pengisian baterai.

Skuter listrik ini diperkirakan akan dibanderol pada kisaran harga 2.314 euro (sekitar Rp30,5 jutaan). (CDX)