French Open 2015

Federer Setuju Nadal Ditempatkan di Unggulan Keenam French Open

Patrick Pinaria    •    Minggu, 24 May 2015 01:12 WIB
french open 2015
Federer Setuju Nadal Ditempatkan di Unggulan Keenam French Open
Roger Federer (Foto: AP/Francois Mori)

Metrotvnews.com, Paris: Penempatan Rafael Nadal sebagai unggulan keenam di French Open 2015 menimbulkan perdebatan. Namun, petenis Swiss Roger Federer menilai keputusan itu ternyata sudah tepat.

Kegagalan di beberapa kompetisi menjadi pertimbangan para panitia untuk menempatkan Nadal sebagai unggulan keenam. Sejak memasuki awal 2015, Nadal terhitung baru mengoleksi satu gelar yang didapatnya di kompetisi ATP Buenos Aires pada Maret lalu.

Sebelumnya, keputusan panitia mendapat kritikan dari petenis unggulan putri Maria Sharapova. Petenis asal Rusia itu menilai panitia tidak menunjukkan rasa respeknya dengan Nadal.

Keputusan itu juga mendapat komentar dari Federer. Ia menilai keputusan panitia ini justru baik untuk Nadal agar dapat memotivasi dirinya bermain apik pada kompetisi ini.

"Ini merupakan perdebatan yang salah. Penempatan peringkat merupakan cerminan apa yang terjadi selama 12 bulan terakhir. Tentu saja, jika Rafa tidak mengalami cedera pada Wimbledon tahun lalu, ia bisa menempati empat besar. Jika tidak di empat besar, ia mungkin bisa menempati peringkat satu atau nomor dua dunia," kata Federer.

"Tetapi pada saat yang sama, saya pikir posisi Rafa akan memberikan dampak buruk bagi petenis lain. Saya tidak berpikir posisi ini buruk bagi Rafa karena ia akan termotivasi untuk mempertahankan gelarnya dan mengalahkan siapa pun di setiap pertandingan. Posisi Nadal justru akan memberikan dampak untuk Novak Djokovic," sambungnya. (Eurosport)


(PAT)