Ilmuwan Inspirator Film 'A Beautiful Mind' Meninggal dalam Kecelakaan

Fajar Nugraha    •    Senin, 25 May 2015 06:50 WIB
john nash
Ilmuwan Inspirator Film 'A Beautiful Mind' Meninggal dalam Kecelakaan
John Nash wafat pada usia 86 tahun (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New Jersey: Ahli matematika yang menjadi inspirasi film 'A Beautifil Mind' meninggal dalam kecelakaan taksi. John Forbes Nash Jr, tewas bersama sang istri pada Sabtu (23/5/2015).

Nash yang bersama istrinya, Alicia, tengah berada di dalam taksi di dekat Balai Kota Monroe, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Tokoh peraih Nobel ekonomi itu, wafat di usia 86 tahun.

"Mereka tengah berada di sisi kiri, ketika taksi yang ditumpanginya kehilangan kendai saat hendak menyalip mobil lain," ujar petugas polisi New Jersey Gregory Williams, seperti dikutip CNN, Senin (25/5/2015).

"Taksi itu kemudian menghantam pembatas jalan dan pasangan tersebut terlempar keluar dari taksi. Mereka tewas di lokasi kejadian," imbuh Williams.

Sementara pengemudi taksi, Tarek Girgus langsung dilarikan ke Rumah Sakit Robert Wood Johnson dan menderita cedera yang tidak mengancam nyawa. Sementara pegemudi mobil lain, yang terlibat dalam kecelakaan dirawat di rumah sakit karena merasa sakit pada lehernya.

"Belum ada tuntutan dilayangkan dalam kejadian ini," lanjut Williams.

Kisah hidup Nash pernah diangkat ke film layar lebar 'A Beatiful Mind'. Sosoknya diperankan oleh Russel Crowe.

Kabar mengenai kematian Nash mengejutkan dunia ilmu pengetahuan di AS, termasuk juga di Hollywood. Presiden Princeton University Christopher L. Eisgruber, menyebutkan Nash dan istrinya adalah warga dari Princeton University.

"Kami terkejut dan berduka dengan kabar wafatnya John Nash dan istri, Alicia. Keduanya adalah anggota khusus masyarakat Princeton University," sebut Eisgruber.

Eisgruber menyebut pencapain Nash yang banyak menginspirasi ahli matematika, ekonomis dan ilmuwan yang terpengaruh oleh karyanya yang menakjubkan. Dia juga menyebutkan kisah hidupnya bersama Alicia telah menggugah mereka yang telah membaca buku atau menonton film tentang Nash.
 
(FJR)