Duh, Rupiah Diperdagangkan Rp13.231/USD

Ade Hapsari Lestarini    •    Rabu, 27 May 2015 08:46 WIB
kurs rupiah
<i>Duh</i>, Rupiah Diperdagangkan Rp13.231/USD
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Gunawan Wibisono

Metrotvnews.com, Jakarta: Perdagangan rupiah pada pagi ini dibuka makin melemah. Laju mata yang dolar Amerika Serikat (AS) yang menguat salah satunya menyebabkan gerak rupiah melemah.

Mengutip Bloomberg, Rabu, 27 Mei, mata uang Garuda dibuka di level Rp13.231 per USD pada pagi ini. Sementara itu, berdasarkan data Yahoo Finance, gerak rupiah melaju di Rp13.215 per USD.

Sedangkan pada perdagangan Selasa, 26 Mei, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (JISDOR), kurs transaksi antarbank Bank Indonesia (BI), rupiah ditutup di posisi Rp13.292 per USD.

Seperti diketahui, dolar menguat ke level tertingginya selama delapan tahun. Sedangkan euro tergelincir menjadi 1,0875 dolar, tertekan oleh meningkatnya kekhawatiran tentang pembicaraan dana talangan (bailout) Yunani karena batas waktu pelunasan semakin dekat.

"Harga minyak mentah masih di bawah tekanan, karena dolar AS melanjutkan momentum kenaikannya yang kuat," kata analis energi senior di broker Sucden di London, Myrto Sokou, seperti dilansir dari AFP.

Semakin kuat greenback, maka akan membuat minyak mentah lebih mahal untuk pembeli yang menggunakan mata uang lemah.


(AHL)