5 Komisioner KY Kembali Calonkan Diri

Desi Angriani    •    Rabu, 27 May 2015 13:05 WIB
komisi yudisial
5 Komisioner KY Kembali Calonkan Diri
Harkrituti bersama Pansel KY---Ant/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 75 calon komisioner Komisi Yudisial (KY) periode 2015-2020 dinyatakan lolos proses admininstrasi. Ketua Pansel KY Harkristuti Harkrisnowo menyebut, lima di antaranya merupakan komisioner KY.

"Semua komisioner KY ikut mendaftar kecuali dua orang, yaitu Eman Suparman dan Abas Said," kata Harkristuti di Gedung Sekretariat Negara, Jalan Majapahit, Jakarta (26/5/2015).

Tuti, sapaan Harkristuti, menerangkan jumlah pendaftar yang dinyatakan lolos berdasarkan perspektif gender adalah 63 laki-laki dan 12 perempuan. Mereka terdiri atas, mantan hakim, akademisi, praktisi hukum, dan orang awam.

"Mantan hakim sembilan orang, akademisi 27 orang, praktisi hukum 26 orang, anggota masyarakat 13 orang," beber dia.

Harkristuti berharap, ada komisioner yang kompeten untuk melakukan pengawasan terhadap lembaga yudikatif dan melakukan seleksi terhadap hakim.

"Kami berharap nama-nama itu mengerucut ke orang-orang terbaik," imbuhnya.

Sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2011 tentang KY, Pansel hanya akan menyerahkan tujuh nama kepada Presiden, Agustus mendatang. "Dan presiden menyampaikannya ke DPR untuk disetujui," pungkas dia.

Adapun hasil seleksi akan diumumkan pada 29 Mei 2015 di website Kementerian Sekretariat Negara, www.setneg.go.id. Peserta yang lolos seleksi, wajib mengikuti tes objektif, tes pilihan ganda dan pembuatan makalah pada 10 Juni 2015.


(TII)