Wakil Presiden FIFA Termasuk Pejabat yang Ditangkap

Achmad Firdaus    •    Rabu, 27 May 2015 14:20 WIB
fifa
Wakil Presiden FIFA Termasuk Pejabat yang Ditangkap
Foto: Ist

Metrotvnews.com, Zurich: Identitas enam pejabat FIFA yang ditangkap oleh FBI yang dibantu kepolisian Swiss terkait kasus korupsi masih belum diketahui. Namun, dari enam pejabat tersebut ada wakil Presiden FIFA, Jeffrey Webb.

Menurut laporan jurnalis BBC, Richard Conway di Zurich, Webb merupakan satu dari enam pejabat FIFA yang ditangkap pada Rabu 27 Mei pagi tadi di Hotel Baur au Lac.

Webb yang merupakan ketua FIFA konfederasi Amerika Tengah serta Karibia beserta lima pejabat lainnya, ditangkap tanpa ada perlawanan. Selanjutnya, mereka dibawa ke Amerika Serikat untuk menjalani pemeriksaan lanjutan oleh FBI.

Mereka dituding telah melakukan kejahatan serius, mulai dari pencucian uang, penyuapan, dan penipuan yang nominalnya lebih dari USD100 juta selama 20 tahun terakhir.

Menyikapi hal ini, FIFA yang tengah bersiap menggelar Kongres ke-65, Jumat 29 Mei nanti, belum memberikan penjelasan resmi. Namun, juru bicara FIFA, Walter de Gregorio memastikan bahwa Presiden FIFA Sepp Blatter tidak termasuk dalam enam pejabat yang ditangkap.

"Kami sudah melihat pemberitaan di media dan masih mencari klarifikasi tentang permasalahan ini. Jadi, untuk saat ini kami belum bisa memberikan komentar apa-apa," demikian ungkap De Gregorio. (BBC)


(ACF)