BKPM Kawal Investasi di Sumut Rp14,9 Triliun

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 28 May 2015 09:38 WIB
bkpm
BKPM Kawal Investasi di Sumut Rp14,9 Triliun
Ilustrasi -- FOTO: MI/Atet Dwi Permana

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) siap mengawal realisasi investasi di Sumatera Utara (Sumut). Realisasi investasi ini bekerja sama dengan BKPM Daerah Kabupaten/Kota Sumut dan pemda.

Adapun pada 2015, wilayah Sumatera mendapatkan porsi target realisasi investasi sebesar 15 persen dari porsi nasional yaitu Rp519,5 triliun. Khusus untuk Sumut diharapkan dapat menyumbang investasi sebesar Rp14,9 triliun. Demikian diungkapkan Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Azhar Lubis, dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis (28/5/2015).

"Pada 2014 Sumut tercatat mencapai 77,9 persen target investasi yakni sebesar Rp13,1 triliun. Ini di bawah performa wilayah lain yang mampu melampaui target seperti Aceh, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, dan Lampung," kata dia.

Azhar menjelaskan, salah satu upaya BKPM adalah melalui fasilitasi berbagai permasalahan/hambatan investasi agar perusahaan-perusahaan dapat segera merealisasikan investasinya.

Azhar menjelaskan, dalam acara Gelar Potensi Investasi Daerah dan Regional Investor Forum di Medan beberapa waktu lalu, dirinya sempat berdialog dengan 16 perusahaan yang mayoritas bergerak di bidang ketenagalistrikan.

Menurut dia, proyek mereka tersebar di Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Asahan, Kabupaten Langkat dan Kota Dumai.

"Dalam dialog tersebut, setidaknya ada dua pembahasan yakni mengenai perizinan penanaman modal dan pelayanan PTSP daerah," pungkas dia.


(AHL)