Pemerintah Diminta Tuntaskan Infrastruktur Sebelum Lebaran

Antara    •    Kamis, 28 May 2015 15:20 WIB
infrastruktur
Pemerintah Diminta Tuntaskan Infrastruktur Sebelum Lebaran
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Padang: Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendesak pemerintah khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) untuk menuntaskan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan sebelum Lebaran 2015 agar masyarakat dapat mudik dengan nyaman.

"Dari awal kami sudah minta pemerintah mengevaluasi penyelenggaraan mudik sebelumnya, dan membuat perencanaan yang matang menghadapi Lebaran tahun ini," kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI Michael Watimena, di Padang, Sumatera Barat, Kamis (28/5/2015).

Michael mengatakan, dengan adanya antisipasi perbaikan infrastruktur sejak jauh hari diharapkan proses pelaksanaan ibadah Ramadan dan Idul Fitri akan terselenggara dengan baik. Salah satunya  didukung kondisi jalan yang layak serta moda transportasi yang memadai.

"Untuk wilayah Sumatera, jalan yang menghubungkan antarprovinsi yang menjadi kewenangan pemerintah pusat sudah harus tuntas kalau bisa dua minggu sebelum Lebaran," tegasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, DPR tidak mau lagi perbaikan jalan dan jembatan menjelang Lebaran menjadi semacam proyek abadi karena selalu diperbaiki setiap tahun. "Karena itu, harus dibuat perencanaan yang lebih matang sejak awal agar jalan tersebut tidak setiap tahun menjelang Lebaran diperbaiki," tegas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Prasarana Jalan Pemukiman dan Tata Ruang Sumbar Suprapto mengatakan, secara umum kondisi jalan di daerah tersebut relatif baik. "Kalau Lebaran di Sumbar relatif baik, yang perlu menjadi perhatian adalah provinsi ini rawan bencana sehingga yang perlu dipersiapkan adalah antisipasi bencana," pungkas dia.



(ABD)