Meski Hamil, Kurir Sabu TH Tetap Divonis Kurungan Seumur Hidup

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 29 May 2015 11:43 WIB
Meski Hamil, Kurir Sabu TH Tetap Divonis Kurungan Seumur Hidup
Ilustrasi hukum, Ant

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Majelis hakim Pengadilan Negeri Sleman, Yogyakarta, menjatuhkan vonis hukuman kurungan seumur tahun pada TH yang didakwa karena membawa empat kilogram sabu-sabu dari Tiongkok. Sementara rekannya, JM, mendapat hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp1 miliar.

Sekira pukul 11.00 WIB, Jumat 29 Mei, majelis hakim menjatuhkan hukuman pada dua terdakwa yang ditangkap karena membawa sabu pada Desember 2014 lalu. Hakim menilai keduanya melanggar Pasal 114 ayat (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Pada sidang sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) menuntut keduanya dengan hukuman mati.  Menurut jaksa, tak ada unsur meringankan dari tindakan terdakwa yang sama-sama berasal dari Bandung. Sedangkan hal yang memberatkan adalah keduanya sudah berulang kali menjadi kurir narkoba untuk jaringan internasional.

Vonis itu bertolak belakang dengan harapan Adnan Pambudi yang menjadi pengacara keduanya. Sebelum sidang berlangsung, Adnan berharap majelis menjatuhkan vonis yang obyektif.

"Apalagi, salah satu terdakwa, TH sedang hamil enam bulan," kata Adnan.

Selain itu, Adnan mengatakan JPU tak memiliki bukti kuat yang menyebutkan dua kliennya itu menjadi pengedar narkoba jaringan internasional.

"Jaksa subyektif. Terdakwa hanya sebagai korban," ungkapnya.
(RRN)